Tips Membuat Interior Rumah Yang Ramah Lingkungan

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika merancang rumah adalah mereka yang akan tinggal di rumah tersebut. Tidak hanya keindahan rumah yang penting tetapi juga kesejahteraan pemilik rumah dan tamu juga. Selain keamanan, kesehatan penghuni rumah juga sangat penting. Merancang Rumah tidak hanya dilihat dari segi  estetika tetapi juga mencakup penggunaan yang tepat dan pilihan interior dan bahan-bahan yang akan digunakan. Harus dipastikan semua isi rumah tidak akan berbahaya bagi kesehatan. Salah satu yang faktor yang mempengaruhi kesehatan adalah pemilihan interior yang ramah lingkungan.

Selain menggunakan desain eksterior ramah lingkungan, memiliki tanaman hijau juga akan lebih baik. Anda pasti hidup bahagia jika seluruh anggota keluarga dalam kondisi sehat dan dapat membantu melestarikan lingkungan. Jadi, jika Anda ingin memiliki interior rumah yang ramah lingkungan, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda. Dapatkan inspirasi untuk membuat rumah anda lebih sehat.
  • Tempatkan tanaman sebagai hiasan.
Tips Membuat Interior Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Gambar: master_grayback

Tidak ada yang bisa jauh lebih baik daripada menempatkan tanaman di dalam rumah Anda. Tanaman dapat membantu proses penyaringan udara dan akan membantu dalam menghilangkan bahan kimia berbahaya di dalam ruangan. Selain manfaat kesehatan yang Anda dapatkan, tanaman juga menambah keindahan rumah Anda dan memberikan suasana yang alami dan segar. Pilihlah tanaman yang cocok di rumah Anda, baik yang berukuran kecil atau yang berukuran tinggi. Jika Anda bertujuan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, Anda dapat menempatkan tanaman lili, palm bambu, dan lain-lain.

  • Biarkan sinar matahari masuk
Tips Membuat Interior Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Gambar: oRangE.n.GreeN

Cara lain untuk menciptakan ruangan yang ramah lingkungan adalah dengan membiarkan sinar matahari langsung menyinari isi rumah Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan skylight atau juga dapat dengan membiarkan jendela terbuka. Manfaatkan siang hari sebagai pengganti pencahayaan listrik sehingga dapat menjadi keuntungan besar bagi Anda karena dapat menghemat tagihan listrik dan mencegah emisi polutan di dalam rumah. Hal ini juga dapat lebih sehat bagi Anda.
  • Gunakan bahan-bahan organik dan alami.
Tips Membuat Interior Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Gambar: neil

Ini adalah salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan rumah ramah lingkungan. Tapi mungkin Anda harus mengelularkan biaya lebih jika Anda ingin menggunakan jenis bahan organik. Jika Anda benar-benar bertujuan untuk mewujudkan suatu interior yang baik bagi lingkungan, Anda harus menjauhi bahan-bahan yang terbuat dari plastik, logam krom dan particleboard.
  • Gunakan lampu hemat energi.
Tips Membuat Interior Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Gambar: Kramis02

Teknik ini akan sangat membantu tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga untuk pengguna. Menggunakan lampu modern yang hemat energi dapat membantu Anda menghemat energi dan daya listrik sehingga dapat menekan pengeluaran. Hal ini juga dapat mencegah emisi gas dan polutan yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan lingkungan. Jadi, ketika Anda membeli lampu, pastikan terdapat label hemat energi.
  • Pilih produk dengan kandungan VOC rendah.
Tips Membuat Interior Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Gambar: penzlake21

VOC (volatile organic compounds) adalah senyawa organik yang mudah menguap yang berbahaya bagi kesehatan. Senyawa ini dapat ditemukan pada cat, peralatan rumah tangga, furniturkarpet dan lain-lain. Jadi, ketika Anda membeli barang-barang untuk rumah Anda, pastikan Anda memilih barang-barang yang tidak mengandung VOC atau paling tidak memiliki kandungan VOC tingkat rendah demi keamanan Anda.

  • Gunakan jendela hemat energi.
Tips Membuat Interior Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Gambar: ralph_soriano

Mungkin Anda baru pertama kali mendengar istilah "jendela hemat energi". Jendela yang ada di rumah Anda dapat membantu dalam menciptakan suasana ramah lingkungan dalam ruangan. Pilih jendela yang dilapisi dengan lapisan khusus untuk memantulkan panas dan memberikan insulasi. Hal ini akan membuat Anda merasa hangat di dalam ruangan terutama pada musim hujan, sehingga dapat membantu menghemat uang karena Anda tidak perlu menggunakan peralatan pendingin atau pemanas. Jendela hemat energi pasti akan sangat berguna bagi Anda karena sangat bermanfaat bagi kesehatan dan tidak memerlukan tenaga listrik.

  • Pilih wallpaper / lapisan dinding ramah lingkungan.
Tips Membuat Interior Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Gambar: becky77

Untuk dinding Anda, pilihlah cat yang tidak mengandung zat berbahaya. Anda juga dapat menggunakan penutup dinding seperti wallpaper untuk menutupi dinding Anda. Atau Anda mungkin ingin menggunakan panel kayu, busa atau ubin keramik yang semua ramah lingkungan. Selain menjadi ramah lingkungan, teknik ini pasti bisa membuat dinding Anda terlihat cantik.

  • Gunakan furnitur dari kayu alami.
Tips Membuat Interior Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Gambar: blockz

Nah, tentu saja, Anda akan menggunakan furnitur yang terbuat dari bahan organik. Hal ini dapat dibuat dari balok kayu dan untuk meja dapat dibuat dari marmer atau batu. Anda tidak perlu khawatir untuk menentukan desain Anda sendiri. Anda juga bisa memesan perabotan kayu atau bahkan bambu sesuai keinginan kepada desainer. Hal ini dapat memberikan sentuhan lebih pribadi untuk ruangan Anda, serta memberikan kesan unik.

  • Gunakan batu atau kayu untuk lantai.
Tips Membuat Interior Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Gambar: mez

Selain dinding, bahan lantai juga harus dipertimbangkan. Anda dapat menggunakan batu untuk lantai Anda seperti marmer. Anda juga dapat mencoba menggunakan parket kayu atau lantai laminasi yang lebih sehat bagi penghuni  rumah. Selain memberikan suasana ramah lingkungan, juga dapat menambah daya tarik lebih untuk interior rumah.

  • Pertimbangkan untuk menggunakan wol.
Tips Membuat Interior Rumah Minimalis Ramah Lingkungan
Gambar: celes

Untuk kasur, bantal, karpet dan sofa, Anda dapat memanfaatkan bahan wol untuk mencegah dari tungau debu. Tungau debu menyebabkan alergi dan juga tidak baik bagi kesehatan. Jadi, pilihlah bahan-bahan yang tepat untuk melindungi diri Anda sendiri dan keluarga.

Memiliki interior ramah lingkungan memang akan menjadi keuntungan bagi Anda. Ini tidak hanya akan menguntungkan Anda sebagai pemilik rumah tetapi juga dapat memberikan banyak keuntungan kepada orang lain di sekitar Anda juga. Lakukan yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan bumi kita untuk membantu seluruh dunia. Cukup dengan mencoba untuk menggunakan interior hijau, sudah bisa menjadi bantuan besar dalam mengambil langkah-langkah untuk membantu lingkungan. Bagaimana dengan Anda, apa yang Anda lakukan dengan desain rumah Anda untuk membantu menyelamatkan bumi kita?

0 Response to "Tips Membuat Interior Rumah Yang Ramah Lingkungan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.